Anak-anak dan para remaja pada umumnya terbiasa dididik menambah pengetahuan mereka dan mengembangkan keterampilannya semata, sehingga mereka tidak siap memenuhi panggilan hidup mereka ketika mereka dewasa. Sukses hidup yang menyeluruh menuntut lebih dari sekadar penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Bahkan para atlet sekalipun harus menghormati atlet-atlet lain atau mereka akan dikeluarkan dari pertandingan atau didiskualifikasi jika berbuat curang. Profesional bisnis dan pejabat pemerintah harus menggunakan etika mereka atau mereka akan dipenjara misalnya, jika mereka melakukan korupsi, kolusi, nepotisme (KKN). Orang tua harus bisa merangkul anak-anak mereka dan menjadi teladan/panutan yang memberikan nilai-nilai yang baik. Oleh karena itu, sebagai fondasi dan penuntun moral atas penguasaan pengetahuan dan keterampilannya itu, anak-anak harus bisa mengembangkan karakter yang baik sebagai fondasi pengetahuan dan keterampilannya.
Setiap tetesan air yang menetes terus-menerus pada akhirnya akan membuat sebuah batu keras berlubang. Begitu pula halnya hidup kita yang selalu berubah, karakter dapat kita kembangkan dalam filosofi ‘tetesan’ 5, 10, atau 15 menit setiap hari atau minggunya. Buku Pengembangan Karakter untuk Anak: Panduan Pendidik memfasilitasi orang dewasa atau para pendidik karakter untuk anak-anak dengan sesi beberapa menit di awal, pertengahan dan akhir setiap hitungan satu hari.
Pengembangan Karakter untuk Anak: Panduan Pendidik sejatinya dirancang untuk guru-guru, orang tua-orang tua, kakek-nenek, dan orang-orang dewasa yang menjadi teladan/model hidup anak-anak mereka. Setiap bab dalam buku ini berisi cerita-cerita, pertanyaan-pertanyaan diskusi, dan aktivitas yang menyemangati anak-anak dalam pembinaan kualitas karakter yang nilai-nilainya akan terpatri dalam diri mereka sepanjang hidupnya.
7914/SD/13 | 370.1/GAR/p | Perpustakaan Gd. D | Available |
Series Title
-
Call Number
370.1/GAR/p
Publisher
Kesaint Blanc : Jakarta., 2013
Collation
168 hlm.; 27,5 cm.
Language
Indonesian
ISBN/ISSN
9789795935919
Classification
370.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
by John Garmo